ANEMIA

ANEMIA (Kurang Darah)

PENGERTIAN

Anemia adalah suatu keadaan dimana kadar Hb dan atau hitung eritrosit lebih rendah dari harga normal.dikatakan sebagai anemia bila Hb < 14g/dl dan Ht < 12 g/dl pada pria, atau Hb < 12g/dl dan Ht < 37% pada wanita. Namun harus disadari bahwa batas terendah dari nilai normaltergantung pada umur dan jenis kelaminnya.

anemia

PEMBAGIAN ANEMIA

  • Anemia Difisiensi Besi: anemia ini umumnnya disebabkan olehpendarahan kronik. Di Indonesia paling banyak disebabkan oleh infestasi cacing tambang(ankilostomiasis)
  • Anemia Penyakit Kronik: penyakit ini banyak dihubungkan dengan penyakit infeksi, seperti infeksi gatal, paru (bronkiektasis, abses, empiema dll)
  • Anemia Pernisiosa: kekurangan vitamin B12 bisa disebabkan oleh faktorintristik dan faktor ekstrinsik. Kekurangan vitamin B12 akibat faktor intrisik terjadi karena gangguan absropsi vitamin yang merupakan penyakit herediter autoimun, sehingga pada pasien mungkin dijumpai penyakit – penyakit autoimun lainnya.
  • Anemia Defisiensi Asam Folat: Asam folat umumnya terdapat dalam daging, susu dan daun daun yang hijau. Umumnya berhubungan dengan malnutrisi. Penurunan absorpsi asam folat jarang ditemukan karena absorpsi terjadi di seluruh saluran cerna. Juga berhubungan dengan sirosis hepatis, karena terdapat penurunan cadangan asam float.
  • Anemia Karena Pendarahan: Anemia karena pendarahan terjadi atas pendarahan akut dan pendarahan kronik.
  • Anemia Hemolitik: Pada anemia hemolitik terjadi penurunan usia sel darah merah (normal 120 hari) baik sementara atau terus menerus.
  • Anemia hemolitik Autoimun: Merupakan kelainan darah yang didapat, dimana autoantibody lgG yang dibentuk terkait pada membrane sel darah merah (SDM).
  • Anemia Aplastik: Terjadi karena ketidaksanggupan sumsum tulang untuk membentuk sel sel darah.

GEJALA

Penderita Anemia biasanya menderita sangat lelah, sakit kepala, dan jika anemia timbul dengan cepat, penderita mengeluh penglihatan berkunang kunang (dizzinesl). Gejala yang paling penting adalah gejala pada jantung dan paru paru. Darah dengan konsentrasi Hb yang rendah harus beredar dalam sirkulasi lebih sering dari biasanya.