BARTHOLINS – APA DAN BAGAIMANA CARA MENGATASINYA?

Bartholins adalah kelenjar yang terletak pada kedua sisi bibir vagina .kelenjar barthonins mengeluarkan cairan yg berperan sebagai pelumas saat berhubungan seksual. Kelenjar ini tidak bisa dilihat oleh mata atau diraba dengan tanggan ..
Pertanyaannya ..jika ibu hamil menderita ini apakah beresiko saat lahiran. .dan apakah ..bisa menyebababkan kelainan pd anak ..tsb ..
Dan makanan yang berlemak apakah ..mempercepat penyakit tsb ..
Maap ni ibu “biar kita tau ..bahayanya ..penyakit kista ..miom ..kangker rahim ..pada kaum wanita ..
Sekarang banyak sekali gak ibu”gak anak gadis terkena penyakit tsb ..
Trus apa ada hubungannya ibu hamil yg punya penyakit barholins gland dengan anak yang di lahir jadi anak autis.
karena dari hasil penelitian penelitian kecil kecilan di sebuah klinik autis. dari sekian banyak anak autis sebagian besar ibunya berpenyakit tersebut.

Pertanyaan khusus bagi ibu hamil terkena resiko saat melahirkan juga ke anak pasca dilahirkan hubungannya dengan gejala autis, bisa YA,  bisa TIDAK

Kenapa?

Penyakit bartholins gland atau lebih dikenal dengan kista bartholii,  itu gara2 tersumbat nya ujung saluran bartholin yang mengakibatkan pembengkakan,  betul isinya bisa cairan,  bisa nanah,  bisa udara, bisa lemak dll.

Yg jadi masalah adalah APA PENYEBABNYA?

Penyumbatan itu sendiri bisa karena infeksi bakteri, virus, iritasi jangka panjang, atau peradangan.

Nah permasalah adalah jika Infeksi kista Bartholin terjadi oleh bakteri penyebab infeksi menular seksual (IMS), yaitu bakteri Gonococcus yang menyebabkan penyakit gonore atau kencing nanah dan Chlamydia trachomatis (penyakit chlamydia/klamidia).

Streptococcus pneumoniae penyebab pneumonia, Escherichia colipenyebab diare dan keracunan makanan, Haemophilus penyebab meningitis dll

Jika faktor penyebab nya adalah karena bakteri atau virus yang membahayakan dan cepat penularannya,  ini bisa berefek menginfeksi janin dalam kandungan si ibu tersebut.

Hal ini memungkinkan terjadi menyerang otak dan syaraf bayi. Pada saat lahir tidak menutup kemungkinan bayi terlahir cacat,  perkembangan kurang normal,  juga autis.

Tetapi…  Sekali lagi,  kista bartholin pada ibu hamil tidak lantas bakal anaknya nanti kena autis.

Tergantung penyebabnya.

Dan harus diketahui juga. Kista bartholin ini ada dua kategori,  ringan jika tidak terjadi infeksi,  dan akut jika terjadi infeksi.

Sudah barang tentu jika tidak segera disembuhkan akan berdampak pada si ibu saat proses persalinan, akan terasa sangat sakit.

 

Cara pengobatan dan pencegahan :

Jika termasuk infeksi bakteri/virus

  1. Minum ROSEPIT setiap hari
  2. Rendam dengan rebusan air sirih hangat setiap hari sampe bener2 sembuh.

 

Untuk pencegahan :

  1. Jaga kebersihan sekitar daerah vagina
  2. Ganti CD minimal 3x dalam sehari
  3. Jangan terlalu sering membersihkan dengan sabun biasa
  4. Minimal seminggu sekali rendam dengan rebusan air sirih hangat.
  5. Minum rosepit minimal seminggu sekali.

 

Insyaallah

 

Moga manfaat