Beberapa manfaat limbah las karbit untuk tanaman

limbah las karbitBeberapa manfaat limbah las karbit untuk tanaman.

Limbah las karbit sebetulnya bisa dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman, tetapi dosisnya harus tepat karena limbah karbit mengandung ZPT Ethilen yang berfungsi mempercepat pembuahan serempak. Jika akan diaplikasikan pada tanaman yang belum berbuah, sebaiknya gunakan dosis kecil saja.

Kandungan Calsium pada limbah karbit cukup tinggi yaitu berkisar antara 50 – 60 %. Yang cukup aman, ambil 10 kg limbah karbit dan tambahkan air 100 liter lalu biarkan selama 24 jam kemudian kocor tiap pohon sebanyak 200 ml.

Selain sebagai pupuk tanaman, jika dosisnya tepat limbah karbit juga berfungsi sebagai pestisida yang cukup ampuh. Untuk memanfaatkannya sebagai pestisida, berikut cara2 nya:

Ambil 2 kg limbah karbit, air 10 liter lalu endapkan minimal 24 jam. Setelah 24 jam, ambil air beningnya saja. Dosis pemakaiannya adalah 1 liter /tangki (14 liter). Beberapa hama yang diatasi diantaranya sundep, ulat grayak, belalang, wereng dan nematode. Aplikasi pada tanaman padi dapat meminimalisir blast.

Pemanfaatan lain yaitu sebagai ZPT (Zat Pengatur Tumbuh). Dosisnya adalah 250 – 300 gr limbah karbit, dicampur dengan air 1 liter. Aplikasi, semprot pada buahnya.

Moga manfaat.