Lelembut Pemicu Pertumbuhan Tanaman

Tips cara budidaya jagung secara organik

Yang Menarik dari dunia lelembut.

Di suatu tanaman dia endofit, tapi bagi tanaman lain menjadi pemicu pertumbuhan tanaman.

Coba salah satunya yuk…

Cari pohon jagung yang bener bener tumbuhnya sehat tapi yang tidak mendapatkan perlakuan penanaman dgn probiotik atau apapun. Bener bener tumbuh asal saja tapi sehat.
Trus ambil akarnya mulai dari bonggol akar ya dan sedikit batangnya (3-5 cm) deh.

Kemudian cuci bersih dengan air mengalir untuk menghilangkan partikel tanah yang melekat. Sterilisasi permukaan akar dan batang tanaman dilakukan secara bertahap dengan merendam ke dalam etanol 70% selama 1 menit, NaOCl 1% (akar) dan 2,5% (batang) selama 3 menit dan etanol 70% selama 30 detik. Kemudian dibilas sebanyak tiga kali dengan akuades steril dan untuk pengeringan dilakukan pada kertas saring steril. Akar dan batang tanaman kemudian dipotong kecil untuk selanjutnya diletakkan pada cawan Petri yang telah berisi media PDA masing-masing sebanyak 6 potongan dan diulang sebanyak 6 kali. Inkubasi dilakukan pada suhu 25°C dalam keadaan gelap. Potongan jaringan tanaman ini diamati setiap hari terhadap miselium yang tumbuh. Untuk uji awal kesterilan jaringan tanaman, dilakukan dengan cara membuat goresan bilasan terakhir akuades steril ke media PDA dan selanjutnya diinkubasi selama 3-5 hari. Hasil isolasi cendawan endofit tidak dapat digunakan jika pada media uji kesterilan masih tumbuh cendawan. ditemukan atau Miselium yang tumbuh dari dalam potongan jaringan tanaman yang telah melalui uji kesterilan dipindahkan lagi ke dalam media PDA untuk pemurnian. Biakan murni cendawan yang diperoleh dibuat awetan pada agar.

Jika ada koloni yang berwarna putih dengan pinggiran kekuningan,hyfa berwarna kuning, itu adalah dari genus Nigrospora sp,

Juragan satu ini ternyata bisa menjadi pemicu pertumbuhan bagi tanaman lain terutama padi.

Silahkan dicoba ya… ngambil dari alam untuk kebaikan alam

Moga manfaat.!!!