Materi pelatihan budidaya broiler – DOC MASUK

budidaya ayam broilerSetelah melakukan Persiapan Kandang dan Persiapan Pakan, selanjutnya adalah penanganan ketika DOC masuk ke kandang.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam hal CHICK IN / DOC Masuk.

 

CHICK IN / DOC MASUK

  1. Ketika pertama DOC masuk ke kandang, pastikan tidak ada sekam yang terlihat di atas lapisan Koran karena jika pertama masuk dan DOC makan sekam akan berpengaruh terhadap pertumbuhannya.
  2. Setelah masuk kandang, DOC jangan diberikan minum dulu tetapi langsung pakan full pur/pellet yang sudah dipersiapkan.
  3. Pemberian pakan pertama dilakukan pada jam 2 dini hari, karena pada jam tersebut DOC mengeluarkan enzim yang bisa berfungsi sebagai vaksin. Jika DOC datang sebelum jam 2 dini hari, sebaiknya dipuasakan saja sampai jam 2 dini hari baru diberikan makan
  4. Setelah DOC makan, sekitar 1 jam baru diberikan minum yang sudah dicampur ROTER. Pemberian minum tidak perlu terlalu banyak, yang penting pastikan DOC sudah minum.
  5. Sortir DOC, pisahkan DOC yang sakit. Jenis penyakitnya bisa dilihat dari beberapa hal diantaranya: Sakit secara fisik (cacat), Ayam tidak mau makan, Ayam makan tetapi tembolok tetap kosong. Sebaiknya pisahkan ayam dengan ciri2 tersebut dan beri / cekokin dengan ROTER murni atau campurkan dengan air tetapi pekat sebanyak 1 tetes.
  6. Pola makan DOC umur 1-3 hari, pakan diberikan setiap 3 jam sekali secara bertahap sebanyak 8 kali dari kebutuhan pakan per hari/ekor
  7. Pola makan DOC umur 4-14 hari, pakan diberikan setiap 5-6 kali per hari
  8. Di atas umur 14 hari, pemberian pakan 2 kali, 40% pagi (sekitar jam 7) dan 60% sore (sekitar jam 3 sore).
  9. Jam pemberian pakan tidak boleh berubah dan kebutuhan pakan disesuaikan dengan standar /ekor/hari

Demikian mudah mudahan bermanfaat. Insya Alloh artikel selanjutnya tentang PEMELIHARAAN

CATATAN:

ROTER yang digunakan adalah ROTER Unggas produksi JKMP4 Kuningan (Asep Sulaeman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *