Materi pelatihan budidaya broiler – Persiapan Kandang

budidaya ayam broilerBerikut merupakan materi yang saya catat dari hasil pelatihan di kuningan tentang pemeliharaan ayam broiler. Tulisan ini merupakan tulisan yang saya catat dari penyampaian ayah manjel secara lisan.

Berikut langkah-langkah pemeliharaan ayam broiler:

PERSIAPAN KANDANG

  1. Pagar kandang dilapisi terpal atau plastik agar suasana di dalam menjadi hangat
  2. Untuk persiapan chick in / DOC yang baru datang, buatlah lapisan pagar di dalamnya semacam karantina. Jadi dibuat pagar plastik di semua sisi (keliling dan atas) seperti gambar berikut:
    Persiapan kandang broilerpersiapan_kandang_2
  3. Untuk lantainya, sebaiknya taburkan kapur. Tujuannya adalah untuk mencegah semut dan agar lebih hangat.
    tabur kapur
  4. Setelah kapur merata, kemudian berikan lapisan sekam padi dengan ketebalan minimal 5 cm
    tabur sekam
  5. Setelah sekam merata, tambahkanlah lapisan Koran di atasnya sebanyak 2 lapis. Tujuannya adalah agar DOC yang baru datang tidak sampai makan sekam karena akan mengganggu system pertumbuhan DOC.
    lapisan koran
  6. Langkah selanjutnya adalah peletakan tempat makan dan minum. Jumlah tempat makan dan minum semakin banyak semakin bagus karena DOC akan menyebar dan tidak berebut makan sehingga terinjak injak.
    peletakan tempat makan
  7. Untuk pemanas kita menggunakan lampu pijar (bohlam) 60 – 100 watt. Diletakkan di tengah-tengah dengan tinggi kurang lebih 50 cm dari tanah. Bagian atas lampu sebaiknya diberikan tutup agar hawa panas yang dihasilkan tidak menguap ke atas. Tutup atas lampu bisa menggunakan seng dan semacamnya namun sebaiknya bagian pinggir nya di tekuk ke bawahpemanas broiler

Demikian artikel pertama tentang persiapan kandang pada budidaya broiler. Selanjutnya kita akan bahas mengenai
PERSIAPAN PAKAN

Mudah mudahan bermanfaat.

** CATATAN:

Untuk tempat ovenan haurs di antisipasi kelembaban suhu karen kaalu cuaca ekstrim/hujan terrs tirai bisa berembun berarti suhu kurang panas, harus di bantu pakai pemanas gas/batu bara, biar embun nya hilang,

No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *