Membuat asam amino hewani

asam aminoAsam amino ada yang terbuat dari bahan-bahan hewani dan ada juga yang bisa kita buat menggunakan bahan-bahan nabati. Kali ini kita akan belajar membuat asam amino dari bahan bahan hewani.

Fungsi asam amino untuk tanaman diantaranya adalah Membantu proses sintesis protein, Meningkatkan ketahanan terhadap stres akibat suhu tinggi, kelembaban rendah, kekeringan, serangan hama penyakit tanaman, kebanjiran dll, Meningkatkan kandungan klorofil, Mengatur pembukaan stomata (mulut daun), Agen pengkhelat (pengikat) unsur mikro, Bahan baku hormon, Membantu polinasi dan fruit set dan Meningkatkan aktivitas mikroba tanah.

Cara membuatnya yaitu dengan bahan bahan yang mengandung protein seperti ikan, keong atau cacing. Sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu sekitar 1 – 3 menit lalu di hancurkan/blender dan campur dengan air dengan perbandingan 1:1. Cari pelunak daging atau bisa juga menggunakan getah pepaya dengan perbandingan untuk 1 kg bahan gunakan 5 sdm getah pepaya. Tambahkan gula 3 – 5 sdm dan kalau ada boleh ditambahkan susu (susu kental manis juga bisa). Setelah itu campur dan aduk sampai merata dan tempatkan pada tempat yang tertutup rapat (anaerob) selama dua minggu. Setelah dua minggu asam amino sudah siap dipergunakan dengan dosis cukup 1 sendok makan untuk 1 liter air, aplikasi 2 minggu sekali, kalau cuaca agak ektrim bisa seminggu sekali.

Semoga bermanfaat.

No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *