PENTINGNYA BAHAN ORGANIK DALAM TANAH

Kenapa perlu memasukkan bahan organik ke lahan

bahan organik tidak harus kotoran hewan. bisa daun dauanan ataupun rumput atau gulma.

dengan memasukkan bahan organik ke lahan sebenarnya kita sedang menciptakan lingkungan yang ideal untuk tumbuh kembang mikro organisme di lahan kita.

karena mikro organisme di lahan kita selama ini sudah tidak ideal lagi untuk tumbuh kembang mikro organisme, terutama mikroorganisme yang menguntungkan. di karenakan banyaknya residu pupuk kimia, pestisida sintesis, dan hesbisida sisntesis.
dengan tidak idealnya mikro organisme di lahan kita maka di antaranya akan terjadi tidak idealnya ph tanah, tanah jadi keras, tanah jadi tidak bisa menahan air.
maka sekarang dari dinas terkait menyarankan pentingnya memasukkan bahan organik tersebut di lahan.
namun sayangnya petani pada umunya masih kurang peduli dengan anjuran tersebut, dengan alasan ribet, gak simple, lama reaksinya ke tanaman. karena petani pada umumnya terbiasa instan.

dari pembelajaran beliau ayah Manjel Azza selama ini dari jama SPO sampai RPM jilid II ini masih menganjurkan memasukkan bahan organik ke lahan minimal 1 ton per ha.

bahan organik saja tidak cukup. karena mikro organisme di lahan kita sudah tidak seimbang maka perlu adanya interfensi kita untuk menambahkan mikro organisme ke lahan.
maka beliau mengajarkan ROTAN 1 – SUPER ROTAN dan RR. dengan maksut menambahkan mikro organisme ke lahan kita biar jadi ideal.
Suatu saat jika lahan sudah idial maka tidak perlu lagi memasukkan SR atau RR lagi ke lahan. kapan itu : menurut perhitungan beliau 3x aplikasi secara berturut insya allah sudah ideal. syarat dan ketentuan berlaku.
syaratnya :
1. memaksimalkan bahan organik sebanyak banyaknya minimal 1 ton per musim tanam.
2. sampah hasil pertanian harus masuk lagi ke lahan, seperti jerami.
3. jor joran masukkan SR ke lahan saat olah lahan, minimal 1 ltr per ha ( tentunga Sr yang sudah di aktifkan)
4. jangan membakar sisa hasil panen ke lahan.

insya Allah kalo hal tersebut di lakukan di aplikasi ke 4 tidak perlu lagi masuk SR atau RR karena lahan sudah ideal seperti hutan.

dan akhirnya bertani akan semakin murah biayanya.

Smoga bermanfaat

#salamRevolusi