RAMUAN ORGANIK KESEHATAN MANUSIA (ROMANSA)

minuman kesehatan

minuman kesehatan

Kali ini kita bahas tentang kesehatan manusia. Berikut adalah cara pembuatan minuman kesehatan dari bahan bahan alami. Manfaat dari minuman kesehatan ini antara lain: Meningkatkan aktivitas otak dan aktivitas neurotransmitter. Membantu proses penyerapan dalam pencernaan, Menurunkan dan menetralisir kolesterol dalam darah, Meningkatkan daya tahan tubuh, Mencegah kanker, Mencegah Osteoporosis, Mengobati Anemia, Menurunkan gula darah / diabetes, Membantu memulihkan sehabis melahirkan atau operasi, Dll.
Langsung saja kita bahas bahan bahan dan cara pembuatannya:

Bahan :

  1. Kacang kedelai 1 kg
  2. Kacang Hijau 1 kg
  3. Gula pasir  1/2 kg
  4. Gula merah 1 kg
  5. Minuman probiotik (yakult) 2-3 botol
  6. Air  20 liter
  7. Galon Aqua secukupnya

Cara buat :
Langkah pertama :
Pembuatan susu kedelai dasar

  1. Pertama-tama adalah mencuci kacang kedelai dengan air bersih lalu rendam 10 jam atau semalaman hingga ukurannya membesar dan empuk. Setelah itu, bersihkan kulit arinya.
  2. Masukkan dalam blender kedelai dengan air kira-kira 1 : 3, jika 1 mangkuk kedelai campurkan dengan 3 mangkuk air. Blender hingga halus lalu saring dengan kain putih atau kain kasa atau saringan yang lubangnya kecil. Dapat juga dilakukan blender dan penyaringan berulang dari 3 bagian air agar sari kedelai keluar lebih banyak.
  3. Berikutnya rebuslah susu kedelai setengah jadi hingga mendidih. Hal ini bertujuan untuk mensterilkan susu kedelai dari mikroba-mikroba, bakteri dan juga menghilangkan bau dari kedelai.
  4. Selanjutnya kecilkan api dan biarkan susu kedelai di atas api lebih kurang 15 menit sambil terus di aduk dengan tujuan agar susu kedelai bisa tahan lama dan tidak mudah basi selain itu juga agar susu kedelai bisa tercampur dengan baik dan tidak mengendap bila didiamkan
  5. Saring kemudian diamkan sampai dingin.

Pembuatan susu kacang hijau dasar

  1. Pertama-tama adalah mencuci kacang hijau dengan air bersih lalu rendam 10 jam atau semalaman hingga ukurannya membesar dan empuk. Setelah itu, bersihkan kulit arinya.
  2. Masukkan dalam blender kedelai dengan air kira-kira 1 : 3, jika 1 mangkuk kedelai campurkan dengan 3 mangkuk air. Blender hingga halus lalu saring dengan kain putih atau kain kasa atau saringan yang lubangnya kecil. Dapat juga dilakukan blender dan penyaringan berulang dari 3 bagian air agar sari kedelai keluar lebih banyak.
  3. Berikutnya rebuslah susu kacang hijau setengah jadi hingga mendidih. Hal ini bertujuan untuk mensterilkan susu kedelai dari mikroba-mikroba, bakteri dan juga menghilangkan bau dari kedelai.
  4. Selanjutnya kecilkan api dan biarkan susu kacang hijau di atas api lebih kurang 15 menit sambil terus di aduk dengan tujuan agar susu kedelai bisa tahan lama dan  tidak mudah basi selain itu juga agar susu kacang hijau bisa tercampur dengan baik dan tidak mengendap bila didiamkan.
  5. Saring kemudian dinginkan

 

Langkah kedua :

  1. Buat larutan gula dari gula merah dan gula pasir yang dipanaskan dengan air mendidih sebanyak 10 liter. Saring dan biarkan sampai benar benar dingin.
  2. Siapkan wadah yang sudah disterilkan sebelumnya (dipanaskan)
  3. Masukan susu kedelai dan susu kacang hijau yang sudah disipakan sebelumnya ke dalam wadah tersebut
  4. Masukan larutan gula
  5. Masukan probiotik yakult atau yogurt atau apa saja yang punya (saran yakult)
  6. Tutup rapat dan biarkan selama 4 hari
  7. Tambahkan air matang 10 liter

 

Langkah ketiga :

Masukan ke dalam botol atau apa saja menurut selera, dan simpan di suhu di bawah 10 derajat celcius (simpan di kulkas atau freezer saja deh biar gampang)

Dosis :
•    Diminum 1gelas perhari untuk orang dewasa
•    ½ gelas untuk anak anak dibawah 5 tahun
•    Untuk yang baru melahirkan/pasca operasi minum 2x kali, 1 gelas pagi dan 1 gelas sore hari
Moga Manfaat !!

No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *