ROTAN 3

ROTAN3Sebelumnya kita pernah bahas tentan CARA MEMBUAT ROTAN (Ramuan Organik Tanaman), kemudian berkembang dengan menambahkan bakteri rumen yang selanjutnya kita sebut sebagai ROTAN 2, kemudian berkembang lagi dengan menambahkan bakteri yang terdapat pada tanah bawah kandang kemudian kita sebut sebagai ROTAN2+. Nah kali ini kita akan coba membuat istilah baru yaitu ROTAN 3.

ROTAN 3 ini adalah pengembangan dari versi sebelumnya. Pada rotan 3 ini terdapat gabungan antara bakteri aerob dan bakteri anaerob serta jenis fungi atau jamur. Berikut komposisi ROTAN 3:

Komposisinya ROTAN2 + trichoderma + micoriza + Bakteri nitrifikasi

Silahkan dibbuat sendiri, masing2 dah diajarkan cara buatnya tinggal di mix, soal jadi atau tidak itu tergantung sebagaimana mendalami dan mengetahu urusan microbiologi.

Kalau tidak bisa mix nya ya tinggal aplikasikan masing-masing kan sama saja.

Kalau ada yang tidak bisa, terus minta dibuatkan, ya kita buatkan.

ROTAN, ROTER, ROMA itu adalah istilah yang ayah buat biar gampang ingatnya saja. 

 

Baca juga:

ROTAN

ROTAN 2

ROTAN 2 +

ROTAN 3

12 thoughts on “ROTAN 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

CARA MENGEMBANGKAN METARHIZIUM

0.0 Powered by WP Review CARA MENGEMBANGKAN METARHIZIUM By. Ayah Manjel Bahan : Boleh ulat, uret, serangga, apa yg biasa jadi hama tapi usahakan dari jenis hama yg paling kuat/bandel : secukupnya Biang metharizium secukupnya Wadah spt ember dll Caranya : Masukan calon inang ke wadah. Sebarkan biang metha ke inang tsb, usahakan merata ya. […]

pola tanam pohon pisang

POLA TANAM PISANG KP2M

by. Ayah Manjel POLA TANAM PISANG KP2M Sebelum tanam – setiap lobang kasih kohe ternak (ayam/sapi) 2 kg – kocor Roma dosis 100 ml untuk 10 liter, setiap lobang cukup 1-2 liter Biarkan sehari dl – kocor QRR dosis 100 ml untuk 10 liter, setiap lobang cukup 1-2 liter – kocor Trichoderma dosis 100 ml […]