Teknik perebusan yang baik

Teknik perebusan yang baikPada banyak artikel-artikel yang sudah kita bahas tentang pengambilan isolat berbagai bakteri/mikroorganisme, ada beberapa bagian yang melibatkan perebusan bebrapa bahan untuk pengambilan isolat tersebut.

Teknik perebusan yang baik dalam hal ini sebaiknya tidak menggunakan bahan-bahan yang terbuat dari logam atau seng karena kandungan Al atau Fe dalam bahan/wadah/alat bisa bereaksi secara kimiawi dan ini menghambat bahkan bisa menggagalkan perkembangbiakan microba.

Sebaiknya perebusan apapun (air, gula atau bahan-bahan lain) dalam rangka pengambilan isolat mikroorganisme tertentu saran paling bagus di rebus dengan menggunakan bahan dari gerabah dan sebelumnya tempat juga harus dicuci sampai bersih.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

CARA MEMBUAT MINYAK URUT HERBAL

Bahan : Cengkih : 150 gram Cabe rawit merah : 50 gram Jahe merah/emprit : 250 gram Bawang putih : 50 gram Minyak kelapa asli/zaitun: 150 ml Alkohol 75% : 250 ml CARA Membuat Minyak Urut Herbal By. Ayah Manjel Cara buat :iii Cengkih dan cabe rawit haluskan (tumbuk/blender) Jahe cuci bersih dulu, kemudian haluskan […]

CARA MENGEMBANGKAN METARHIZIUM

0.0 Powered by WP Review CARA MENGEMBANGKAN METARHIZIUM By. Ayah Manjel Bahan : Boleh ulat, uret, serangga, apa yg biasa jadi hama tapi usahakan dari jenis hama yg paling kuat/bandel : secukupnya Biang metharizium secukupnya Wadah spt ember dll Caranya : Masukan calon inang ke wadah. Sebarkan biang metha ke inang tsb, usahakan merata ya. […]