Tips bertanam sayuran dengan sekali pupuk untuk 1 tahun

Tips bertanam sayuran dengan sekali pupuk untuk 1 tahunBertanam secara tumpang sari adalah salah satu metode yang sangat efektif untuk memaksimalkan lahan yang ada. Dengan metode dan cara pemupukan yang baik, hasil yang didapatkan akan meningkat dan modalnya pun lebih irit.

Berikut tips bertanam sayuran dengan sekali pupuk untuk 1 tahun :

  1. Siapkan TRICHODERMA, ROMA, PGPR, ROTAN, KOHE AYAM BR, MOL SAYUR, MOL BATANG PISANG, MOL SABUT KELAPA, MULSA
  2. Langkah kerja :
    – Siapkan bedengan dengan lebar 1m panjang sesuaikan lahan dan tinggi 20-30 cm
    – Masukan TRICHODERMA ke bedengan kemudian 5-7 hari kemudian susul dengan ROMA
    – Masukan KOHE BR (3000 karung untuk 1 Ha) kemudian kocorkan /semprotkan ROTAN, selanjutnya aduk2 rata dengan tanah bedengan
    – Tutup dengan mulsa tapi jangan dulu di lubangi, biarkan minimal selama 2 minggu ( fermentasi di lahan)
    – Lubangi mulsa 3 jejer ke lebar dengan jarak 35 cm begitu juga untuk jarak ke panjang sama 35 cm
  3. Sebaiknya jajaran tengah di tanami sayuran yg berumur 3 bln panen (seperti cabe dll) dan jajaran kiri dan kanan tanami sayuran yg 1 bulan panen ( spt sawi dll)
  4. Saat jajaran kiri dan kanan panen (insyaallah biasanya modal awal sudah kembali), maka selanjutnya ganti tanaman satu jajar ( kiri atau kanan) dengan tanaman yg sama dengan yg di tengah (sebelumnya)
  5. Satu jajar tetap tanami lagi dengan tanaman 1 bulan panen lagi
  6. Ketika panen yg 1 bulan terakhir, maka ganti dengan tanaman yg sama dengan yg tengah/lainnya, sehingga nantinya akan ada satu tanaman yg sama ( misal cabe saja) tetapi berlainan umur .. dan ini akan sangat berasa pada saat panen raya nanti .. kita tetap punya stock panen berkelanjutan pada saat yg lain sudah habis panen dan ini tentunya akan berimbas dari harga yg cukup tinggi yg akan kita dapatkan.

catatan :

  • Selama 1 tahun tidak perlu penambahan pupuk dasar, cukup setiap 1 minggu sekali semprot/kocor dengan ROTAN3 ke lubang/tanaman dengan dosis 1 liter rotan 3 campur air 200 liter, Aplikasi ROMA lakukan 2 minggu sekali mau ada hama ataupun tidak, Aplikasi MOL sayuran ketika masa vegetatif, MOL Batang pisang dan MOL Sabut Kelapa saat masa generatif.
  • Setiap penggantian tanaman cukup di cabut terus tinggal tanam saja tanaman pengganti tanpa perlu di tambah apalagi di buka mulsanya

Simple tapi insyaallah hasil luar biasa dan irit cost tanam pada musim tanam yang kedua atau ke tiga

Moga sukses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *