Tips cara tanam cabai dalam polybag

cabai-polybagYang perlu kita persiapkan sebelum kita menanam cabe organik dalam pot/ polibag adalah:

  1. Polibag atau pot yang tidak terlalu kecil minimal diameter 30 cm, kalau cabe rawit harus lebih besar lagi lebih dari 35 cm
  2. Media tanam berupa tanah yang telah dicampur dengan pupuk organik dengan perbandingan 1 : 1
  3. Benih cabe unggulan dan sehat
  4. Pestisida organik / ROMA
  5. Pupuk organik cair seperti ROTAN (Ramuan Organik Tanaman), bisa juga kita gunakan MOL /mikroorganisme lokal.

Teknik Cara Penanam cabe organik dalam pot/ polybag :

  1. Semai dulu biji cabe yang telah kita persiapkan. Benih cabe bisa kita beli di kios pertanian atau membuat sendiri dengan memilih cabe yang bagus, kita ambil bijinya kemudian kita kering anginkan. Penyemaian dapat kita kerjakan di pot, polibag atau tempayan serta media yang lain.
  2. Sementara menunggu bibit cabe siap sebaiknya kita persiapkan media semai dalam polybag atau pot. Jangan lupa tanahnya kita campur dengan pupuk organik dengan perbandingan 1 : 1. Setelah itu media kita siram dengan ROTAN (Ramuan Organik Tanaman)
  3. Setelah berdaun lima (kira-kira umur 3-5 minggu) cabe kita tanam dalam media polybag atau pot yang sudah kita persiapkan. 2-3 hari sebelum kita tanami bibit cabe media tanam dalam polybag sebaiknya kita siram dengan larutan ROTAN / MOL sampai basah
  4. Setelah kita tanam sebaiknya polybag/ pot kita letakkan di tempat yang teduh sampai kira-kira 1 minggu, baru kita tempatkan pada lokasi yang dapat cahaya penuh. Jangan letakkan tempat yang teduh terus, nanti tanaman cabe akan mengalami etiolase (panjang dan lemas tapi buah sedikit).
  5. Rawat tanaman cabe secara hati-hati, siram bila tanahnya kering dan minimal 1 minggu sekali kita siram dengan ROTAN / MOL dan kita semprot dengan pestisida nabati yang dengan mudah bisa kita buat sendiri.
  6. Buang tunas air/ tunas yang tumbuh di bawah cabang pertama.
  7. Amati adanya serangan hama dan penyakit, bila terjadi gejala serangan harus cepat kita atasi secara mekanik (kita ambil hama dan daun yang terserang tersebut, lalu kita pisahkan tanaman yang sehat dan yang sakit agar mudah dalam pengelolaan hama maupun penyakit). Jika musim kemarau sebaiknya sering disiram daunnya untuk mengurangi serangan kutu

 

Catatan :

  • Hal paling pokok adalah pastikan dalam pembuatan pupuk organic harus benar2 berhasil / matang. Terutama Kohe harus di sterilkan dari microba/bakteri pathogen dengan Ramuan Organik Hama (ROMA)
  • Pemberian ROTAN dan ROMA di aplikasikan selang satu minggu, minggu 1 ROTAN minggu ke 2 ROMA dan begitu seterusnya..
  • Dari pengalaman pola spt di atas tanaman cabe benar2 sehat dan tidak terkena
    hama/penyakit.

Moga berhasil !!!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *