Tips mengatasi tanah dengan kandungan Fe (Besi)

zat besiPerlakuan yang benar pada lahan akan menjadikan lahan kembali dalam keadaan seimbang atau balance, jika kondisi seperti itu sudah terwujud maka dengan sendirinya OPT dan hama pun akan semakin kecil pengaruhnya. Dan pada akhirnya tanah benar-benar sehat dan cukup unsur2 yang dibutuhkan, ketika sudah pada titik ideal selanjutnya tanah sudah tidak begitu besar kebutuhan unsur2 dari luar, cukup mengembalikan yang tadinya dari lahan ke lahan itu sudah cukup untuk tanaman tetap tumbuh baik.

Lalu bagaimana jika kondisi tanahnya memang sudah tidak bagus? misalnya kondisi tanah yang walau musim kemarau tetep becek dan keluar kuning” seperti besi karatan dan tanaman tidak bisa tumbuh.

keadaan seperti di atas tandanya kandungan Fe pada tanah tersebut sangat tinggi. Untuk mengatasinya coba buat parit yang cukup dalam, lalu di atas bedengan tabur pupuk kandang dan pengapuran, aplikasikan juga probiotik di atas nya. Biarkan 2-3 minggu terkena sinar matahari sampai lahan kering. Baru coba tanami. Untuk awal coba tanam pohon dari keluarga kacang2an

Insya Alloh…………….

Baca juga:

Apa dan bagaimana kesehatan tanah