Tips mengelola lahan pertanian langsung full organik

bertani full organikTips dan Langkah2 mengelola lahan pertanian / perkebunan langsung full organik dan hasil minimal sama dengan sebelumnya bahkan lebih.

Masalah yang sering dikeluhkan para petani ketika beralih ke organik adalah karena biasanya hasil yang didapat akan menurun drastis. Ini disebabkan karena pupuk organik yang dimasukkan ke tanah membutuhkan waktu untuk terurai kemudian selanjutnya dapat diserap oleh tanaman.

  1. Siapkan Trchoderma, ROMA, ROTAN, PGPR, Pupuk kandang/kohe/kompos/rumput/ daun2an .. dll
  2. 3 minggu sebelum musim tanam aplikasikan trichoderma ke lahan secara merata
  3. seminggu kemudian aplikasikan ROMA ke lahan
  4. 5-7 hari kemudian masukan pupuk kandang/kohe/kompos (apa saja yg ada) selanjutnya aplikasikan (semprot/kocor) dengan ROTAN dan PGPR, selanjutnya balikan tanah/bajak, biarkan selama 2 minggu. Jika sawah maka genangi dengan air, jika kebun tutup dengan mulsa (jgn dilubangi dulu)
  5. Setelah 2 minggu baru lahan siap ditanami.

Insyaallah tanah steril dan sehat dan hasil tanaman akan langsung bagus bahkan bisa lebih bagus dibanding sebelumnya.

Moga berhasil

3 thoughts on “Tips mengelola lahan pertanian langsung full organik

  1. Beberapa orang beranggapan hotel merupakan area negatif buat dikunjungi, padahal menurut aku hotel merupakan lokasi yg nyaman buat beristirahat melepas lelah sesudah bepergian atau melaksanakan perjalanan. Terlebih kalau hotel tersebut mempunyai sarana yg komplit, pemandangan yg menyejukkan dan layanan servis yg memuaskan sehingga bukan tak mungkin saja tamu hotel datang kembali & berkunjung lagi ke hotel tersebut. Aku percaya hotel ini mempunyai hal-hal tersebut.

  2. sebuah informasi yang sangat inovatif dan merupakan sebuah ide yang menarik untuk dipelajari, dan saya sangat senang dengan tulisan anda yang membuat saya selalu belajar dan belajar, terima kasih atas ide dan kreasinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

CARA MENGEMBANGKAN METARHIZIUM

0.0 Powered by WP Review CARA MENGEMBANGKAN METARHIZIUM By. Ayah Manjel Bahan : Boleh ulat, uret, serangga, apa yg biasa jadi hama tapi usahakan dari jenis hama yg paling kuat/bandel : secukupnya Biang metharizium secukupnya Wadah spt ember dll Caranya : Masukan calon inang ke wadah. Sebarkan biang metha ke inang tsb, usahakan merata ya. […]

pola tanam pohon pisang

POLA TANAM PISANG KP2M

by. Ayah Manjel POLA TANAM PISANG KP2M Sebelum tanam – setiap lobang kasih kohe ternak (ayam/sapi) 2 kg – kocor Roma dosis 100 ml untuk 10 liter, setiap lobang cukup 1-2 liter Biarkan sehari dl – kocor QRR dosis 100 ml untuk 10 liter, setiap lobang cukup 1-2 liter – kocor Trichoderma dosis 100 ml […]