Tips menghilangkan bau POC

Tips menghilangkan bau POCTips menghilangkan bau POC. Salah satu masalah yang timbul dalam pembuatan POC (Pupuk Organik Cair) adalah mengenai bau kurang sedap yang ditimbulkan, sehingga jika kita membuat di lingkungan yang padat penduduk maka akan mengganggu tetangga di sekitarnya.

Salah satu tips untuk meminimalisir bau yang dihasilkan pada proses fermentasi POC yaitu dengan menggunaan usus ikan lele, dengan cara sebagai berikut:

Ambil usus ikan lele, tetapi jangan sampai tercampur dengan empedunya. Kemudian cacah/hancurkan dan campur dengan gula dan ragi tape dengan perbandingan usus ikan 1 ons, gula 1 ons, ragi 3 butir (sesuaikan perbandingan sesuai dengan kebutuhan). Fermentasikan, biarkan tertutup rapat selama 2 minggu, setelah itu campurkan dengan POC yang kita buat.

Selamat mencoba, semoga berhasil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

CARA MENGEMBANGKAN METARHIZIUM

0.0 Powered by WP Review CARA MENGEMBANGKAN METARHIZIUM By. Ayah Manjel Bahan : Boleh ulat, uret, serangga, apa yg biasa jadi hama tapi usahakan dari jenis hama yg paling kuat/bandel : secukupnya Biang metharizium secukupnya Wadah spt ember dll Caranya : Masukan calon inang ke wadah. Sebarkan biang metha ke inang tsb, usahakan merata ya. […]

pola tanam pohon pisang

POLA TANAM PISANG KP2M

by. Ayah Manjel POLA TANAM PISANG KP2M Sebelum tanam – setiap lobang kasih kohe ternak (ayam/sapi) 2 kg – kocor Roma dosis 100 ml untuk 10 liter, setiap lobang cukup 1-2 liter Biarkan sehari dl – kocor QRR dosis 100 ml untuk 10 liter, setiap lobang cukup 1-2 liter – kocor Trichoderma dosis 100 ml […]