Cara mendapatkan jamur trichoderma sp

cara mendapatkan jamur trichoderma spSalah satu mikroorganisme fungsional yang dikenal luas sebagai pupuk biologis tanah dan biofungisida adalah jamur Trichoderma, sp, mikroorganisme ini adalah jamur penghuni tanah yang dapat diisolasi dari perakaran tanaman lapangan. Trichoderma, sp disamping sebagai organisme pengurai, dapat pula berfungsi sebagai agen hayati dan stimulator pertumbuhan tanaman. Trichoderma, sp dapat menghambat pertumbuhan serta penyebaran racun jamur penyebab penyakit bagi tanaman seperti cendawan Rigdiforus lignosus, Fusarium oxysporum, Rizoctonia solani, Fusarium monilifome, sclerotium rolfsii dan cendawan Sclerotium rilfisil. Penggunaan pupuk biologis dan agen hayati Trichoderma, sp sangat efektif mencegah penyakit busuk pangkal batang, busuk akar yang menyebabkan tanaman layu, dan penyakit jamur akar putih pada tanaman karet.(Sumber: Deptan).

Untuk mendapatkan jamur/fungi trichoderma sp sebenarnya gampang kita buat sendiri. Berikut cara dan langkah-langkah untuk mendapatkan jamur trichoderma sp:

Bahan :

  1. Nasi basi ukuran silahkan sesuaikan dengan kebutuhan (1 mangkuk cukup).
  2. Bambu 3 ruas, yg lebih bagus yg baru di tebang
  3. Tali / karet untuk pengikat

Cara buat :

  1. Bambu yg 3 ruas di belah 2, ujung kiri dan kanan cukup 10 cm dari batas ruas tengah. Jadi yg dipakai hanya ruas bagian tengah saja.
  2. Buat lubang diantara batas ruas sebesar kelingking jari baik yg sisi kiri maupun kanan
  3. Bersihkan ruas bambu, harus benar2 bersih, baiknya dalam air yg mengalir/kran, tapi ingat jangan memakai air PDAM
  4. Masukan nasi yg sudah basi (minimal sudah 1 hari 1 malam) kebagian belahan ruas yg satu (di bagian tengah tentunya)
  5. Tutup dengan bagian belahan yg lain / satukan, kemudian ikat erat dengan tali/karet
  6. Kubur dalam tanah yg benar2 subur/berhumus ( hutan ) yg paling bagus di kubur di bawah dapuran pohon bambu sedalam 7-10 cm, jangan lupa beri tanda biar ga lupa dimana kita kubur 🙂
  7. Biarkan selama 7-10 hari,
  8. Apabila ruas bambu dibuka kemudian didapati jamur putih seperti kapas.. selamat anda sudah mendapatkan trichoderma.sp

Moga berhasil … !!!!

One Response

  1. Tanpa nama 01/03/2018

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *